Sabtu, 26 Mei 2012

Cara Sukses Pengusaha Kuliner yang Aku Kenal


Untuk sukses di bisnis lain mungkin bisa mengggunakan 6 jurus, tapi untuk sukses dibidang kuliner anda butuh 10 jurus. Ini hanyalah perumpamaan saya betapa untuk sukses dibidang kuliner itu sangat berat. Perlu kreatifitas tinggi serta semangat pantang menyerah yang dahsyat karena berhubungan langsung dengan LIDAH DAN PERUT pelanggan. Ini berdasarkan pengamatan saya selama puluhan tahun, dari beberapa orang yang saya kenal ataupun puluhan klien bisnis saya.
Saya ingin merangkum beberapa kisah sukses orang-orang yang saya kenal, agar bermanfaat bagi anda yang ingin terjun atau sekedar ingin tahu tentang bisnis kuliner. Berikut ini kisah-kisahnya…..
Kisah Sukses Pedagang Sate Tetangga Saya
Pedagang sate ini adalah satu-satunya penjual sate di desa kelahiran saya. Awal berjualan dahulu (sekitar tahun 90an) saya masih ingat betul dia membagi-bagikan 5 tusuk sate pada puluhan tetangganya sebagai sarana promosi.

Kebetulan keluarga saya adalah penggemar berat sate kambing. Pemberian itupun kami terima dengan senang hati walau harus kami bagi berempat (ayahku, ibuku, aku, dan adikku). Kesimpulannya, ternyata satenya enak banget. Alhasil setelah makan sate gratisan itu, kami sekeluarga langsung menuju warung sate tetangga saya untuk beli 4 porsi sate.
Ternyata sesampainya di warung, sudah ada beberapa tetangga yang seperti keluarga saya. Mereka langsung berangkat ke warung tetangga saya karena merasa kurang karena satenya enak. Dengan rasa yang enak dan mantap, apalagi hanya satu-satunya di desa tersebut yang berjualan sate, warung sate ini masih berjaya sampai sekarang….. :)
Dari kisah di atas, rasa adalah segalanya bagi bisnis kuliner. Selain itu cara-cara promosi kreatif harus terus dikembangkan karena kunci sukses dari sebuah bisnis adalah PROMOSI.
Kisah Sukses Bubur Abah Odil
Saya mengenal Abah Odil secara pribadi baru sekitar setahun belakangan ini. Tapi kisahnya sudah saya ketahui sekitar 2 tahun yang lalu di sebuah majalah bisnis.
Abah Odil adalah sosok seorang yang tidak puas sebagai seorang karyawan. Walau sudah bergaji puluhan juta perbulan, dapat tunjangan rumah, mobil, dan berbagai fasilitas lain karena dia punya posisi penting di sebuah perusahaan, dia rela melepas itu semua untuk memenuhi kata hatinya.
Pilihan bisnis yang dia pilih adalah sebagai TUKANG BUBUR KELILING. Bagi kebanyakan orang mungkin akan menganggap Abah Odil lagi “error” :) tapi tidak banyak yang tahu sebenarnya Abah Odil punya misi dan visi yang kuat dari profesi barunya itu.
Jangan dikira bisnis Abah Odil ini langsung jalan sesuai harapan. Abah Odil juga sempat jatuh diawal usahanya. Tapi dari berbagai kegagalan inilah akhirnya Abah Odil bisa mengambil kesimpulan untuk dijadikan pelajaran dan MODAL MELANGKAH KEDEPAN.
Setelah beberapa tahun berlalu dan omsetnya meningkat, akhirnya Abah Odil tidak lagi berjualan keliling. Dia sudah punya tempat yang strategis di sebuah ruko jl. Sukarno Hatta kota Malang dan terkenal sebagai bubur ayam paling enak di kota malang. Bahkan gerai Abah Odil pernah mencapai hingga 8 lokasi di kota Malang.
Dari kisah Abah Odil ini, dapat kita tarik kesimpulan bahwa semangat pantang menyerah itu sangat penting dalam bisnis kuliner. Bersyukur dan terus berfikir kreatif adalah salah satu kunci sukses Abah Odil.
Rumah Makan Sukses setelah Sering Mengundang Anak Yatim
Kisah ini terlontar dari seorang klien saya yang baru pulang umroh. Saat di tanah suci, dia bertemu dengan seorang pemilik rumah makan. Saat mereka mengobrol tentang kesuksesan bisnis, pemilik rumah makan itu bercerita bahwa kesuksesan yang dia dapat saat ini, sebenarnya datang setelah dia sering berbagi dengan anak yatim.
Setiap hari Kamis dia mengundang anak yatim untuk diajak mengaji bersama di rumah makan miliknya. Setelah itu dia menjamu anak-anak yatim itu dengan makanan yang enak-enak dan memberikan bingkisan agar hati mereka senang. Ternyata setelah rutin melakukan hal ini, perkembangan rumah makan miliknya sangat pesat. Bahkan hampir tiap bulan dia bisa umrah.
Dari kisah ini, bisa kita bisa ambil pelajaran dari kekuatan sebuah doa. Tahukah anda? Doa anak yatim adalah doa tanpa penghalang dihadapan Allah.  Apa yang terjadi saat kita berbagi pada anak yatim, kemudian anak yatim itu mendoakan kita dengan ikhlas? Anda pasti tahu jawabannya…… :)
Semoga artikel ini bermanfaat, sukses untuk anda…..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar